Rabu, 14 Januari 2009

Bagaimana pola orang memilih stasiun Televisi?

Industri televisi sekarang sudah mengalami banyak kemajuan, diawali dengan TVRI sekarang sudah ada 10 TV swasta Nasional dan ditambah TV lokal yang ada didaerah masing - masing


Menurut data Nielsen rata - rata orang menonton TV sekitar 4 jam sehari, dimana jam 18.00 - 22.00 adalah jam orang banyak menonton. kecuali saat lebaran ada perbedaan waktu nonton yang cukup signifikant dimana jam 3 - 4 pagi banyak umat muslim saur sambil menonton TV.


Hal yang jadi pertanyaan adalah ? stasiun TV mana yang mereka pilih ketika mereka tonton, kalau dari data nielsen ada beberapa fluktuasi yang terjadi dimana SCTV, RCTI, Indosiar saling berebut posisi merebut hati pemirsa.

Kalau dari Riset yang pernah saya lakukan ternyata penonton TV itu tidak loyal terhadap satu stasiun TV, tapi loyal terhadap acara. jadi kalau dilihat angkanya sekitar 70% penonton memilih program TV dibanding stasiun TV ketika mereka akan menonton TV.


Hal ini sebenarnya merupakan peluang bagi stasiun TV baru mempunyai kesempatan yang cukup besar untuk bisa mengalahkan stasiun TV lainnya, salah satu contoh adalah acara termehek mehek yang disiarkan di Trans TV pada tahun 2008 akhir bisa mendapat rating yang paling tinggi.


Kalau dilihat dari paradigma sekarang stasiun TV seperti RCTI tidak segan mengganti yang baru tayang jika rating yang dihasilkan tidak terlalu bagus. ya mungkin itu salah satu cara mereka agar mereka bisa tetap menjadi TV yang paling banyak ditonton.


So kedepannya kita lihat saja apa yang akan terjadi?


salam @ dodi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar