Kamis, 15 Januari 2009

Word Of Mouth

Word of Mouth atau biasa disingkat WOM, terkadang sering juga diartikan dengan sebutan "Marketing Lewat Mulut" dan dalam bahasa jawa disebut "Gethok Tular".

Mengapa banyak perusahaan tertarik dengan metode ini ?
Selain memang cukup efektif, namun menurut hemat saya, sebagian besar karena metode ini GRATIS, bukankah yang gratis banyak penggemarnya ?
Coba bandingkan dengan biaya komunikasi kepada konsumen yang harus dikeluarkan jika memilih menggunakan media lain seperti TV, Koran atau Billboard ?

Memperkenalkan produk atau Jasa dengan cara WOM, seyogyanya lebih pantas untuk produk/jasa yang sudah lama launching. Karena untuk produk baru, rata-rata belum memiliki base pelanggan, sehingga akan sangat lama untuk menjadi besar.

Dari banyak penelitian yang pernah dilakukan ternyata orang Indonesia akan menceritakan kepada sedikitnya 3 orang untuk hal-hal yang membuatnya senang atau puas. Namun, sebaliknya dia akan menceritakan kepada sedikitnya 15 orang untuk hal-hal yang membuatnya mengecewakan dan kepada sebanyak-banyaknya orang untuk hal-hal yang menjengkelkannya.....!!!

Menggunakan Metode WOM memiliki keuntungan dan Kerugian.

Kerugiannya :
1. Informasi tidak bisa dikontrol. Sehingga bisa saja hal Biasa menjadi Buruk atau bahkan menjadi "Luar Biasa" tergantung si pembawa berita.
2. Tidak ada target waktu mencapai tujuan WOM. Tidak bisa ditentukan jumlah pelanggan baru sebesar ...% dengan metode ini.
3. Mudah ditiru oleh kompetitor
4. Terkadang merek kita yang dibicarakan tetapi merek kompetitor yang "panen". Misalnya manfaat refleksi atau manfaat minum buah mengkudu, belum tentu produk yang dibeli adalah merek kita, bisa jadi yang dibeli adalah merek kompetitor yang berlokasi lebih dekat dengan calon pelanggan.
5. Tidak cocok untuk produk atau jasa yang baru diluncurkan
6. Produk/jasa harus benar-benar prima atau yang terbaik, karena jarang atau hampir tidak ada orang yang merekomendasikan produk yang biasa saja.


Keuntungannya :
1. Murah bahkan Gratis
2. Saat ini dapat menyebar dengan cepat dengan menggunakan VIRAL MARKETING
3. Lebih mudah meyakinkan calon konsumen karena informasi bersumber dari orang yang dikenal
4. Tingkat loyalitasnya lebih tinggi
5. Lebih cepat menimbulkan pembelian dibanding dengan metode komunikasi lainnya.


Word of mouth..memang membuat suatu produk dapat menjadi terangkat atau bahkan jatuh karenanya.
Oleh karena itu WOM sendiri sebenarnya dapat dibuat sedemikian mungkin agar menjadi baik..baik itu bagi produk atau perusahaan yang bersangkutan, caranya:
1. Buat produk yang memang berkualitas baik.
2. Bilamana produk tidak memenuhi standar kualitas, itu sudah pasti menjadi tugas marketing untuk mengangkat fitur2 yang terkandung dari produk tersbut yang merupakan selling point yang baik..
3. Betul sekali bahwa WOM dikeluarkan oleh pihak ketiga dan seterusnya..oleh karena itu buatlah pihak ketiga tersbut benar2 memahami kebutuhannya dan memang terakomodir oleh produk ini..
4. WOM terbaik keluar dari orang2 besar atlit, petinggi, pejabat, artis, dll. bila kata2 mutiara telah keluar dari mulut mereka, maka semua dapat terhipnotis.
5. Buatlah orang2 penghasil WOM ini puas, caranya entertain mereka, endors mereka, buat hubungan yang selalu baik dengan mereka dan tanamkan kehebatan produk dan perusahaan kita pada diri mereka.
6. Buatlah event yang membuat nama perusahaan menjadi besar atau setidaknya sponsorilah event2 yang besar perkenalkan produk kita lewat alat2 promosi yang tepat pada event tersebut.

Coba ingat-ingat : apakah Rumah Sakit, Dokter, Taksi, Restaurant atau Hotel atau yang kita gunakan selama ini karena iklannya diberbagai media atau karena Bisikan atau mungkin rekomendasi dari seseorang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar