Senin, 02 Februari 2009

ETHNOGRAPHY RESEARCH

Mungkin Anda masih baru mendengar kata Ethnography, Ilmu ini dikembangkan dari ilmu antroplogi untuk mempelajari pola perilaku seseorang dalam mengunakan suatu produk dengan cara observasi.

Untuk memudahkan mengerti Ethnography Riset mari kita melihat dari istilah sleeping with the customer/wife, beberapa pertanyaan triger yang bisa Anda jawab sendiri ?
1. Apakah Anda sudah benar kenal istri Anda ketika masih pacaran ? 2. Apakah ada yang disembunyikan oleh istri Anda sebelum Anda menikah?
3. Sebelum Anda menikah, Apakah Anda tahu bagaimana kebiasaan istri Anda saat dia baru bangun tidur dan apa saja yang dia lakukan?

Menurut Saya, Anda benar benar kenal sama istri Anda setelah Anda resmi menjadi suami istri kan? setelah Anda hidup bareng selama 24 jam penuh, tidur sama dia, aktivitas apapun bersama dia ? Anda pastinya sekarang tahu siapa istri Anda, apa yang dia mau, apa kebiasaan dia dari bangun tidur sampai tidur lagi? Apakah Anda kenal istri Anda karena Anda memang bertanya mengenai siapa dia, atau karena Anda memperhatikan keseharian yang dia Lakukan?
Hal - hal tersebut mungkin akan lebih membantu mengenal Ethnography Riset.

Sekarang kita coba bedanya market riset dengan riset Ethnography? Market riset biasanya bersifat eksplorasi berupa pertanyaan yang diberikan kepada konsumen, dimana kumpulan jawaban ini yang menjadikan dasar pengambilan keputusan,Sedangkan Ethnography research bentuknya berupa observasi dengan melihat pola perilaku konsumen sehari – hari masuk kehidupan keseharian mereka Beberapa kekurangan dari riset ini adalah waktu yang relatif bisa lebih panjang tergantung kapan kita bisa mendapat AHA moment yang tepat sebagai key consumer insight yang memang kita cari, tentu saja orang yang melakukan riset ini juga harus punya skill khusus.

Tujuan dari Ethnography Riset :
· Untuk memahami konsumen secara mendalam
· Melihat suatu hal dari berbagai sudut pandang
· Bisa mendekati konsumen dari berbagai sudut pandang
· Melihat sisi emosi dibelakang perilaku konsumen

Hal yang dicari ketika melakukan Riset Ethnography
· Budaya
· Simbol, tanda, bahasa
· Ritual
· Aturan
· Perilaku hidup
· Emosional
· Hubungan Sosial

Hal apa yang bisa dicari dalam Riset Ethnography :
· Consumer behavior &
· New product idea
· Permasalah konsumen penggunaan suatu produk
· Product performance & consumer context
· Konsumen lifestyles & product usage
· Trend yang mempengaruhi perubahan perilaku konsumen
· Interaksi konsumen dalam pemilihan suatu produk

Contoh hasil product development yang dihasilkan dari insight etnography :
1. Motorolla A732 Setelah mengamati betapa populernya SMS huruf Cina di Shanghai para peneliti Motorolla mengembangkan sebuah ponsel yang memungkinkan Anda mengirim pesan dengan menulis langsung di keypad menggunakan jari Anda
2. Oxo Hammer Untuk mengembangkan perangkat bagi konsumen, Hasil dari kunjungan ke kontraktor ketika renovasi rumah Salah satunya sebuah palu diciptakan dengan inti serat kaca untuk mengurangi getaran yang menganggu penghuni.

Pengalaman yang pernah saya lakukan saat bekerja di Dwisapta ketika salah satu produk klien kami Fatigon menyuruh kami untuk meneliti penurunan penjualan produk mereka. Setelah kami melakukan observasi selama 1 minggu terhadap beberapa konsumen dengan cara berpura pura ikut bekerja ditemukan findings menarik dimana bahwa mereka mulai mengurangi pengurangan multivitamin dikarenakan mereka merasa bahwa mulai berat untuk membeli dikarenakan krisis keuangan yang mereka miliki, padahal mereka sangat butuh memulihkan kondisi badan mereka sehingga tetap bisa mencari uang untuk mengghidupi kehidupan keluarga. Dari consumer insight tersebut maka dibuatlah iklan Ari Wibowo versi dipatok rejeki ayam yang mengedukasi rejeki harus dicari jangan sampai telat bekerja gara-gara kecapaian. Walhasil penjualan fatigon akhirnya merangkak kembali naik. By : Dodi Rudiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar